Bisnis  

Payment Gateway Penting untuk Bisnis Online

Payment Gateway untuk Bisnis Online

Payment gateway menjembatani antara penjual dan pembeli dalam bisnis online untuk pembayaran. Payment gateway menyediakan metode pembayaran untuk kemudahan pembeli.

Perekonomian digital Indonesia meningkat pesat dari tahun ke tahun, ditandai dengan perdagangan online alias e-commerce meningkat dari tiap tahun sejak adanya Harbolnas pada Desember 2012.

Belanja online tidak lagi sekadar gaya hidup di era new normal, tapi juga alat pemenuhan kebutuhan sehari-hari yang kerap dijadikan solusi dalam kondisi tertentu. Berbagai jenis barang dan kebutuhan bisa didapat dengan cara online berkat adanya ekosistem dalam perdagangan elektronik.

Salah satu teknologi yang dibutuhkan pebisnis online dan industri e-commerce adalah payment gateway. Payment gateway hadir juga tanpa alasan, kehadiran payment gateway di pasar Indonesia menjadi angin segar bagi pelanggan dan pedagang karena menawarkan kemudahan untuk memproses pembayaran secara non tunai, baik itu yang menggunakan kartu maupun secara online.

Setidaknya ada tujuh manfaat yang bisa dirasakan oleh pebisnis online ketika mereka menggunakan layanan payment gateway sebagai dukungan sistem pembayaran non tunai, yaitu:

1. Memperbanyak pilihan metode pembayaran yang digunakan secara cashless dan melalui modern retail baik oleh pebisnis online dan juga pelanggan.

2. Mempercepat proses transaksi, semua pembayaran dilakukan dalam hitungan detik saja.

3. Keamanan transaksi yang terjamin dengan enkripsi data yang rumit.

4. Dapat memperluas jangkauan pasar dengan adanya kemudahan dalam pembayaran.

5. Tidak ada limit transaksi dan dapat diproses secara bersamaan dalam satu waktu.

6. Laporan pembayaran semakin mudah dengan akses real-time tanpa harus rekap ulang secara manual.

7. Menghemat biaya tanpa memiliki biaya tambahan atau biaya bulanan.

Sepanjang tahun 2023, nilai transaksi e-commerce Indonesia menembus angka Rp453,75 triliun, meskipun nilai transaksi tersebut lebih rendah dibandingkan dengan target Bank Indonesia yang ditetapkan sebesar Rp474 triliun, juga lebih rendah dibandingkan dengan realisasi pada 2022 sebesar Rp476,3 triliun.

Secara jumlah transaksi, volume transaksi e-commerce Indonesia 2023 mencapai 3,71 miliar transaksi. Pencapaian 2023 masih lebih tinggi dibandingkan pencapaian 2022 yang mencapai 3,49 miliar transaksi. Secara tren kenaikan transaksi e-commerce di Indonesia karena memang meningkat terus karena memang adanya perubahan behavior daripada masyarakat dalam hal belanja online.

Dengan semakin tumbuhnya e-commerce di Indonesia membuat perekonomian digital Indonesia meningkat pesat. Rintisan bisnis online tumbuh dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Peningkatan transaksi e-commerce Indonesia ini juga didukung pada teknologi digital, teknologi pembayaran, dan perubahan bisnis. Bisnis online konvensional telah beralih ke digital seluruhnya, termasuk didalamnya pembayaran dengan berbagai jenis metode pembayaran untuk kemudahan pelanggan dalam berbelanja.

Kehadiran payment gateway memiliki daya tarik tinggi terhadap konsumen toko online. Jaminan keamanan dan kemudahan transaksi membuat mereka lebih yakin dalam melakukan transaksi. Terlebih lagi apabila kamu memilih menggunakan payment yang menyediakan aneka opsi pembayaran non tunai yang lengkap. Poin tersebut akan menjadikan peran payment gateway yang dapat meningkatkan konsumen secara drastis.

Marketplace digunakan pebisnis online yang tidak ingin diribetkan dengan pengelolaan bisnis yang rumit seperti website, aplikasi, dll, karena pada dasarnya berbisnis menggunakan marketplace, pebisnis hanya menggunakan saja dengan memanfaatkan segala fasilitas dan fitur yang sudah disediakan oleh marketplance, salah satunya metode pembayaran yang beragam.

Bagi pebisnis online dengan kemampuan teknis, dapat memanfaatkan website dan aplikasi sebagai media jualan. Di sini dapat diintegrasikan opsi metode pembayaran beragam dengan menggunakan payment gateway untuk kemudahan pelanggan dalam membayar sesuai alat pembayaran yang mereka sukai dan miliki.

Bahkan bagi pebisnis online yang tidak punya kemampuan teknis sekalipun dapat berbisnis online memanfaatkan media sosial saja. Di sini pebisnis online dapat menggunakan metode pembayaran bermacam-macam dengan memanfaatkan payment link atau link pembayaran dari produk dan layanan yang dimiliki.

Winpay menyediakan teknologi payment link yang dapat dimanfaatkan oleh UKM dan UMKM dalam menjual produk-produk lokal berkualitas menggunakan media sosial dan channel penjualan lain yang mudah. Sehingga, dapat menaikkan traffic transaksi penjualan karena dalam payment link Winpay menyediakan opsi banyak metode pembayaran.

Experience pelanggan yang merasakan kemudahan dalam pembayaran akan membuat mereka akan terus melakukan pembelian atau transaksi di merchant UMKM kamu sehingga revenue menjadi meningkat.

Mempertimbangkan pentingnya peranan payment gateway dalam kemajuan usaha yang dimiliki membuat kamu wajib menentukan kriteria dalam memilihnya. Seperti apa klasifikasi payment gateway terbaik yang dapat membantu bisnis berkembang secara signifikan?

– Payment gateway yang baik menyediakan opsi pembayaran non tunai yang lengkap.

– Payment gateway tersebut memiliki lisensi resmi dari Bank Indonesia.

– Payment gateway tersebut didukung oleh sistem keamanan mutakhir.

– Payment gateway menawarkan kemitraan dengan tarif terjangkau namun pelayanan maksimal.

Winpay sebagai payment gateway membantu pebisnis online dalam opsi metode pembayaran yang beragam dengan keamanan transaksi yang tinggi sehingga mempermudah pembayaran bagi pelanggan bisnis kamu.

Layanan Winpay Payment Gateway adalah partner yang tepat untuk segala bisnis online, dimana bisnis kamu dapat menerima pembayaran menggunakan:

– Virtual account 12 bank siap melengkapi pembayaran bisnis (VA Bank Mandiri, BCA, BRI, BNI, BSI, Permata Bank, CIMB Niaga, Maybank, Bank Neo Commerce, Bank Sinarmas, Bank Muamalat, Bank Sumut).

– E-wallet dan QRIS, menerima pembayaran melalui QRIS menggunakan e-money dan e-wallet, seperti: Gopay, DANA, OVO, ShopeePay, LinkAja, SpeedCash, dan jaringan bank.

– Jaringan kartu kredit dan kartu debit Visa dan MasterCard.

– 43 ribu lebih gerai minimarket modern melalui jaringan Indomaret, Alfamart Group, dan 520 ribu agen Fastpay. – Winpay mendapatkan ijin dari Bank Indonesia sebagai Penyelenggara Layanan Payment Gateway No. 23/560/DKSP/Srt/B sebagai PSJP Kategori 1, dengan ijin Penerbit Uang Elektronik, Penyelenggara Payment Gateway, Penyelenggara Transfer Dana.